Ingin Menghilangkan Penat? Kunjungi Delapan Pantai di Yogyakarta Ini

Lensapost.com – Yogyakarta tak hanya pusat wisata, tetapi juga gudangnya wirausaha muda. Hampir setiap hari, banyak wirausaha datang dari luar kota. Jika kamu adalah salah satunya, berarti akomodasi menjadi hal terpenting saat berada di sana. Namun, tidak perlu was-was soal ini; hotel murah di Jogja tersebar di setiap sudutnya. Kamu tinggal buka situs Traveloka untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Nah, bagaimana mengatasi kepenatan seusai meeting atau konferensi di Yogyakarta? Salah satunya dengan mengunjungi pantai. Banyak yang mengatakan, suasana pantai bisa menenangkan hati dan pikiran. Berikut ini ada delapan pantai terindah di Yogyakarta yang layak kamu sambangi. Yuk, simak!

1. Menikmati Debur Ombak Pantai Parangtritis

Landai dan berbatu, itulah keunikan Pantai Parangtritis. Gelombangnya cukup tinggi dan kerap membawa kayu saat menyentuh bibir pantai. Di sini, kamu bisa mendegarkan nyanyian paling indah di dunia. Selain itu, ketika matahari terbenam, panoramanya sangat menakjubkan. Dijamin, kamu bakal betah berlama-lama berada di tempat ini.

2. Pesona Karang di Pantai Kukup

Pantai Kukup disebut-sebut sebagai kembarannya Tanah Lot Bali. Pasalnya, di pantai ini terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan; mirip di Tanah Lot. Namun, di atas karang tersebut tidak ada pura. Bangunan yang ada, yaitu sebuah gazebo. Dari sana, kamu bisa menyaksikan lanskap samudera.

3. Pantai Baron, Teluk di Tengah Lipatan Karang

Bukit karang nan hijau mengapit pantai ini. Bentuknya menyerupai teluk dengan efek warna yang memukau. Sepanjang tepi pantai terdapat perahu nelayan. Perahu itu berderet rapi; serempak berwarna biru. Kamu bisa mengambil foto di atas perahu dengan pemandangan luat yang eksotis.

Tak hanya itu, di bagian kanan Pantai Baron membentang sungai yang menjadi pertemuan air laut dan air tawar. Terlihat batas jelas antara dua jenis air tersebut. Laut berwarna biru, sedangkan sungainya kecokelatan. Di sekitar perbatasan, ada batu karang raksasa yang ditumbuhi tanaman liar. Nah, background seperti ini sangat cocok untuk latar fotomu.

4. Menyelami Taman Laut di Pantai Sadranan

Bagi kamu yang suka menyelam, bisa berkunjung ke Pantai Sadranan. Kawasan ini menghadirkan keindahan taman bawah laut. Meskipun tidak semegah Raja Ampat, nuansa bawah laut Sadranan cukup menyegarkan otak dan membuat tubuh jadi relaks. Jika tidak membawa perlengkapan snorkeling, kamu bisa menyewanya di sana.

Gelombang di Pantai Sadranan tergolong tenang. Ketika air laut surut, tampak lantai karang yang tajam. Pasirnya kecokelatan dengan kerikil kecil bertebaran di atasnya. Selain itu, terdapat gazebo bambu yang berderet di sepanjang pantai.

5. Menantang Adrenalin di Pantai Timang

Ada yang unik di Pantai Timang, yaitu gondola atau kereta gantung ditarik oleh tenaga manusia. Untuk mencicipi fasilitas tersebut dari warga setempat, kamu harus menyiapkan biaya Rp200.000. Kereta ini akan melintasi debur ombak untuk menuju ke Pulau Watu Panjang di tengah lautan. Kereta digantungkan di tambang dengan sling baja. Kalau takut ketinggian, sebaiknya tidak menjajal kendaraan manual ini,

6. Pantai Jogan, Surga Kecil dari Perbukitan Karst

Air terjun yang jatuh di tepi laut hanya ada di Pantai Jogan. Tinggi air terjun tersebut sekitar 10 meter. Aliran airnya bersumber dari perbukitan karst di Gunung Kidul. Tentu ini sebuah keajaiban yang tidak pernah tebersit. Pasalnya, gunung kapur dikenal gersang dan tandus; mustahil ada mata air di sana.

Namun, kenyataannya, aliran air terjun itu sangat deras. Warnanya jernih dengan aroma yang menyejukan. Di sekelilingnya terdapat bebatuan dan vegetasi yang menambah keindahan.

7. Pantai Ngobaran, Saudara Kembar Pantai di Bali

Pantai Ngobaran adalah satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki pura. Berada di sini, seperti berkunjung ke Bali. Pasalnya, pura itu terletak di dekat laut dan biasa digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu.

8. Pantai Wedi Ombo, Pesona Warna yang Memukau

Hanya dua jam dari Kota Yogyakarta, Pantai Wedi Ombo menjadi objek wisata andalan para backpacker. Jika bosan menginap di hotel murah di Jogja, kamu bisa mendirikan kemah di pantai ini. Suasana di sana sangat tenang dengan ombak kecil. Selain itu, pasir putih dan gradasi warna samudera menjadi panoram terindah yang bisa kamu nikmati.

Yogyakarta punya sejuta keindahan tersembunyi. Sayang, kalau kamu hanya melewatkan waktu sehari atau sekadar untuk urusan bisnis. Toh, pikiran tetap penat dan jenuh. Karena itu, tidak ada salahnya jika mencari hotel murah di Jogja dan tinggal selama beberapa hari.

Nggak perlu bingung soal penginapan karena ada Traveloka. Caranya mudah kok, tinggal buka situsnya, klik booking, dan bayar tagihannya. Praktis, kan?

Leave a Reply